Iklan

cara membuat artikel seo friendly cukup pakai tools gratisan #part 1

Article seo

cara membuat article seo
Article seo friendly

Website individu atau website perusahaan selalu memerlukan artikel untuk diupload dengan teratur. Artikel yang diupload juga tidak dapat sembarangan artikel. Artikel harus berkualitas secara aturan penulisan dan harus bisa memberi perform baik pada hasil mesin penelusuran Google. Hingga penulis website individu atau website perusahaan harus kuasai langkah membuat artikel yang ramah SEO atau SEO friendly.

17 Langkah Menulis Artikel SEO Friendly untuk blog atau wordpress Website

cara membuat artikel seo
Artikel seo friendly

Makin kerap artikel Anda ada di halaman pertama hasil penelusuran, makin bagus kualitas website atau web yang Anda urus. Makin beberapa pengunjung, makin banyak traffic yang tiba, dan tentu saja makin banyak yang membaca artikel Anda.

Anda bisa membuat artikel yang baik tanpa memerhatikan SEO. Tetapi, tidak dapat ditanggung artikel yang Anda catat dapat ada di halaman pertama hasil penelusuran Google. Simpelnya, langkah membuat artikel yang SEO friendly ialah tutorial untuk membuat artikel mengikut ketentuan yang diputuskan oleh Google.


Berikut 17 langkah penulisan artikel yang SEO Friendly yang bisa Anda turuti:

#Pakai Kata kunci (keyword) yang Peluang Besar akan Dicari oleh Audience Anda;
#Yakinkan Artikel Anda Menjawab Pertanyaan Beberapa Pencari;
#Pakai Konsentrasi Kata kunci (keyword) Selayaknya;
#Artikel Harus Pantas Baca;
#Gunakan Link Intern dan External;
#Lihat Komponen Penting Blog;
#Optimisasi Gambar;
#Upload Content Secara Konsisten;
#Pakai Pojok Pandang yang Unik;
#Buat Susunan Artikel;
#Yakinkan Panjang Artikel Anda Maksimal;
#Lihat Sisi Pembuka;
#Gunakan Heading dan Subheading;
#Paragraf Singkat;
#Lihat Keterkaitan Konten;
#Tulislah dengan Spesifik;
#Promokan Artikel Anda.
Beberapa point di atas bisa Anda menjadikan untuk dasar landasan menulis artikel SEO. Supaya lebih pahami cara-caranya, di bawah ini ulasan secara dalam bagaimanakah cara menulis artikel yang benar dan baik berdasar aturan SEO.

1. Pakai Kata kunci (keyword) yang Peluang Besar akan Dicari oleh Audience Anda


Cara yang penting dilaksanakan saat sebelum menulis artikel-artikel di website Anda ialah cari kata kunci (keyword) atau keyword yang kemungkinan dicari oleh audience Anda. Karena itu Anda harus memahami siapa audience Anda, siapakah yang membaca website Anda. Dengan demikian Anda dapat ketahui sasaran kata kunci (keyword) yang umum mereka tulis di mesin penelusuran Google.

Tiap tipe industri mempunyai karakter customer yang lain. Karena itu, customer di tipe industri yang lain kemungkinan memakai keyword yang lain juga.

Kita mengambil contoh di dua tipe industri yang lain, yakni kosmetik dan otomotif. Customer industri komestik akan semakin banyak cari keyword seperti kecantikan, menjaga kulit, atau kesehatan kulit. Sedang customer sektor otomotif kemungkinan semakin banyak cari keyword seperti panduan menjaga mobil, modifikasi otomotif, atau trend otomotif.

Sepertikan keyword yang Anda pakai di artikel website Anda dengan keyword yang kemungkinan dipakai oleh audience Anda. Bila Anda salah memakai keyword, Anda cuman akan menghabiskan waktu

Bagaimana tentukan sebuah keyword pantas untuk dipakai untuk artikel yang Anda catat? Anda bisa manfaatkan formulasi di bawah ini untuk memudahkan Anda tentukan kelaikan sebuah keyword:

2. Yakinkan Artikel Anda Menjawab Pertanyaan Beberapa Pencarian

Google bisa ketahui beberapa pencarian senang atau mungkin tidak dengan hasil penelusuran berdasar beberapa tanda. Beberapa salah satunya ialah lama saat yang dihabiskan untuk membaca artikel dan apa artikel itu dibagi atau mungkin tidak oleh pencarian.

Makin lama saat yang dihabiskan untuk membaca artikel dan makin banyak dibagi mengisyaratkan artikel yang dicatat penuhi harapan beberapa pencarian. Upayakan menulis artikel sedetail kemungkinan agar jawab pertanyaan beberapa pencarian.

Bila artikel yang Anda catat dapat penuhi harapan beberapa pencarian, Google akan memberi tambahan point untuk artikel Anda.

3. Pakai Konsentrasi Kata kunci (keyword) Selayaknya 


Walau Anda memakai konsentrasi kata kunci (keyword) untuk memperoleh rangking tinggi pada hasil penelusuran Google, bukan bermakna Anda bisa memakainya berkali-kali atau bahkan juga terlalu berlebih. Pemakaian konsentrasi kata kunci (keyword) terlalu berlebih akan turunkan kualitas artikel Anda.

Harus dikenang jika Anda membuat artikel untuk dibaca oleh manusia hingga susunan penulisannya harus juga disamakan dengan nalar manusia. Namun, Anda pun perlu memperhatikan SEO artikel itu supaya menempati rangking tinggi pada hasil penelusuran Google.

Jadi apa yang dapat dilaksanakan supaya artikel yang Anda catat masih nyaman dibaca oleh beberapa pencarian dan masih dapat ada di rangking berdasar hasil penelusuran Google?

Tulislah artikel yang sesuai nalar pembaca dan pasti berguna untuk mereka. Saat Anda telah usai membuat artikel itu, baca lagi dari awalnya sampai akhir dengan sudut pandang mesin perayap. Anda harus memprioritaskan sudut pandang pembaca karena selanjutnya yang membaca artikel Anda ialah manusia, bukan mesin.

4. Artikel Harus Pantas Baca


Membuat artikel memang memerlukan kecermatan tinggi supaya artikel masih sesuai aturan penulisan. Artikel yang dicatat sesuai aturan penulisan memperlihatkan tingginya profesionalitas website yang diatur. Baik itu website perusahaan atau website individu.

Baiknya memang dibutuhkan editor untuk mengecek artikel yang Anda catat. Tetapi, bila Anda tidak memilki editor professional untuk mengecek artikel Anda, ada langkah yang lain bisa dilaksanakan.

Triknya ialah saat telah usai menulis satu artikel, ambil waktu untuk istirahat barang beberapa saat. Kemudian Anda bisa balik ke artikel yang telah dicatat awalnya dan lakukan self-editing atau mempersunting berdikari dengan pemikiran yang lebih fresh.

Anda dapat minta kontribusi rekan atau mitra untuk membaca artikel yang Anda catat saat sebelum menguploadnya. Meminta opini mereka apa mereka bisa pahami yang Anda catat atau mungkin tidak.

Gunakan saran dan kritikan dari rekan untuk membenahi artikel yang Anda catat.

5. Gunakan Link Intern dan External


Peranan dari link di artikel untuk memberi keterangan selanjutnya ke pembaca berkaitan topik khusus artikel.

Link intern ialah link yang mengarah pada salah satunya artikel di website Anda sendiri. Sedang link external ialah link yang mengarah ke situs kecuali website Anda. Ke-2 nya mempunyai perannya semasing.

Link external umumnya mengarah ke web atau website yang lain dipakai sebagai sebuah dasar pengakuan yang Anda catat. Umumnya berbentuk hasil riset, statistik, cuplikan, atau rujukan dari media lain.



6. Lihat Komponen Penting Website


Elemen artikel di website bukan hanya terbagi dalam kalimat dan paragraf, tapi juga mengikutsertakan beberapa elemen tehnis lain seperti URL, judul website, dan heading

Bila ingin artikel Anda ada di halaman pertama hasil penelusuran Google, Anda pun harus memperhatikan beberapa komponen website di atas.

Silahkan kita ulas dari elemen pertama, yakni URL. Umumnya mekanisme secara automatis tuliskan URL artikel semacam ini: https://www.foodnusantara.com/website/cara-cepat-membuat-kerajinan-dari-botol-plastik-bekas

Begitu panjang kan? Lebih singkat URL Anda, lebih bagus. Anda bisa mempersingkatnya jadi semacam ini: https://www.tutoriallocal.com/website/membuat-kerajinan-botol-bekas


7. Optimisasi Gambar


Optimisasi Gambar Masukkan gambar ke artikel memang cara bagus supaya pembaca tidak jemu, apa lagi bila artikelnya panjang. Tetapi, ada banyak detil yang perlu jadi perhatian supaya gambar di artikel Anda berperan dengan maksimal.

Pertama, saat sebelum Anda mengupload gambar yakinkan nama file gambar yang diupload sesuai konsentrasi kata kunci (keyword) yang Anda pakai. Ini akan mempermudah Google untuk sesuaikan gambar dengan artikel yang diupload.

Kedua , alt teks gambar harus juga dicatat sesuai konsentrasi kata kunci (keyword) yang dipakai. Perannya ialah supaya mesin perayap bisa mengetahui apa gambar itu dan text yang ada disekelilingnya. Disamping itu, bila terjadi gambar alami error loading, alt teks ini yang akan ada.

KeTiga , Anda pun perlu optimasi gambar dengan mengecilkan file size gambar supaya loading page bisa lebih cepat. Ada banyak service yang sediakan compress gambar tanpa kurangi kualitas gambar. Beberapa service yang dapat Anda coba sebagai berikut ini:

8. Upload Content Secara Stabil


Membuat artikel dan menguploadnya secara stabil berguna untuk beberapa pembaca. Beberapa pembaca bisa menmperoleh info aktual dan faktual dari website Anda.

Disamping itu, dengan selalu mengupload artikel, website Anda akan kelihatan aktif dan ini akan memberi signal bagus ke Google. Google memberi nilai plus ke beberapa blog yang lebih aktif dibanding website yang jarang-jarang mengupdate isinya.

9. Pakai Pojok Pandang yang Unik


Dari 1 keyword, ada bermacam pemikiran yang bisa dipakai untuk meningkatkan konsentrasi kata kunci (keyword) itu. Anda perlu mendapati pemikiran baru yang masih belum dipakai oleh seseorang.

Tiap orang tentu mempunyai pemikiran yang unik pada sesuatu persoalan. Anda bisa manfaatkan pengalaman individu yang terkait dengan konsentrasi kata kunci (keyword) yang Anda ulas. Ini sebagai panduan membuat artikel supaya artikel Anda berlainan dan mempunyai kekhasan dalm penyampaiannya.

10. Buat Susunan Artikel


Saat sebelum mengawali menulis sebuah artikel, bikinlah susunan artikel lebih dulu.

Pada umumnya, sebuah artikel dipisah jadi tiga sisi, yakni sisi pembuka (prolog), isi, dan ringkasan (epilog). Dengan membuat susunan semacam ini akan mempermudah Anda untuk membuat artikel.

11. Yakinkan Panjang Artikel Anda Maksimal 


Panjang artikel minimal ada di angka 300 kata. Jumlah 300 kata ialah angka minimum untuk sebuah artikel website. Untuk angka maksimumnya, beberapa pakar memakai angka berlainan. Menurut Orbit Media Studi, rerata jumlah kata artikel dalam sebuah website ialah 1.142 kata.

12. Lihat Sisi Pembuka

Sesudah pembaca membaca judul Anda yang memikat, tidak langsung pembaca akan membaca semua artikel. Pembaca perlu diyakinkan jika artikel yang Anda catat betul-betul akan berguna untuk dianya.

Karena itu, mulai artikel dengan kalimat pembuka yang memberikan keyakinan jika artikel yang Anda catat akan jawab pertanyaan dan persoalan yang pembaca menghadapi. Anda harus dapat tarik perhatian pembaca pada awal artikel supaya pembaca melanjutkan membaca artikel sampai usai.

Mulai dengan kalimat yang mana pembaca bisa berasa relatable dengan artikel yang mereka baca.

13. Gunakan Heading dan Subheading


Gunakan Heading dan SubHeading Heading menolong pembaca untuk mendapati garis besar atau dasar ulasan dalam artikel yang dibacanya. Keringanan membaca ini akan tingkatkan kepuasan pencarian pada artikel yang Anda catat.

Heading menolong Google untuk mendapati dasar ulasan dari artikel yang dicatat hingga menolong meningkatkan rangking pada hasil penelusuran.

Disamping itu, Anda dapat manfaatkan subheading supaya turunan dari dasar ulasan di heading bisa dirinci dengan teratur.

14. Paragraf Singkat


Salah satunya langkah menulis artikel Anda jadi nyaman dibaca ialah memakai paragraf singkat. Bila memakai standard panjang artikel seperti pada atas, yakni 2.500 kata, tentu saja Anda harus merincinya ke beberapa paragraf.

Saat Anda merincinya ke paragraf, upayakan supaya tiap paragraf tidak begitu panjang. Langkah membuat artikel online sedikit berlainan dibanding langkah membuat artikel di media bikin, misalkan. Bila artikel-artikel di media bikin dapat mempunyai paragraf yang panjang, tidak dengan artikel di dunia maya.

Artikel di dunia maya condong mempunyai paragraf yang cepat dan pendek. Ini akan mempermudah beberapa pembaca untuk pahami apa yang Anda catat.

15. Lihat Keterkaitan Content


Anda bisa memakai berbagai macam kata kunci (keyword) dalam penulisan artikel dalam website. Tetapi, semua harus berkaitan dengan arah khusus website Anda.

Misalkan, website Anda ialah website otomotif, keyword yang Anda pakai harus berkaitan dengan dunia otomotif. Begitupun dengan beberapa jenis website lain. Semua content yang ada pada website haru berkaitan dan sama-sama terkait.

Tingkat keterkaitan yang tinggi antar artikel di website atau web Anda akan memberi signal bagus untuk Google. Dengan demikian peluang artikel Anda ada di halaman pertama hasil penelusuran bertambah.

16. Tulislah dengan Detil


Saat menulis artikel, yakinkan mempunyai jalur yang sama-sama terkait dan berkaitan. Ulasan yang disuguhi ke pembaca harus meneluruh supaya faedah yang ada di artikel yang Anda catat bisa tersampaikan. Dengan demikian saat tinggalkan artikel pembaca mempunyai pengetahuan baru.

Beda hal nya bila penulisan artikel Anda begitu panjang, mempunyai konsentrasi ulasan yang kurang terang. Apa lagi bila penyampaiannya tidak urut dan lengkap, tidak tutup peluang pembaca akan tinggalkan artikel Anda ditengah-tengah jalan.

17. Promokan Artikel Anda


Promokan Artikel Anda Sisi ini memanglah bukan cara tehnis dalam langkah membuat artikel yang SEO friendly. Tetapi, cara ini penting supaya artikel Anda memperoleh capaian pembaca yang lebih luas.

tahap selanjutnya ialah promokan artikel yang telah SEO Friendly ini di semua sosial media yang Anda punyai. Membagi artikel di sosial media sebagai salah satunya cara paling mudah supaya beberapa orang dapat membaca artikel Anda.

Dengan mempromokan artikel Anda di sosial media akan memperlebar capaian audience Anda. Traffic yang tiba dari link sosial media ini jadi pemantik untuk tingkatkan rangking pada hasil penelusuran Google.


Ringkasan


Seni penulisan dan SEO ini ialah dua hal yang sama-sama memberikan dukungan, tidak bisa diacuhkan diantaranya. Penulis artikel online yang bagus ialah penulis yang dapat menyatukan ke-2 nya.

Bila dimisalkan artikel SEO Friendly sebagai motor, seni penulisan dan SEO ialah dua ban yang jalankan motor. Agar berjalan secara normal, ke-2 nya harus berperan dengan optimal. Tidak dapat bila cuman diantaranya yang berperan optimal.

Begitu artikel berkenaan langkah membuat artikel SEO friendly tanpa memakai kontribusi socket in. Anda bisa membagi artikel ini bila memang di rasa berguna. Anda dapat abonemen di website kami agar mendapatkan info terkini berkaitan web, website, dan situs hosting.

LihatTutupKomentar

Iklan